Dalam dunia pendidikan terdapat istilah PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) . PAIKEM hadir akibat adanya pergeseran paradigma mengajar dari guru sentris ke siswa sentris seiring dengan perkembangan zaman, yakni proses transformasi pendidikan menuju pada learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together.
PAIKEM adalah sebuah istilah untuk menggambarkan sebuah proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Pembelajaran tersebut juga dikenal dengan nama Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) yang lazim disebut pembelajaran CTL
Pembelajaran aktif yaitu bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga peserta didik aktif bertanya, menanyakan, dan mengemukakan gagasan
Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang dikemas guru atas dorongan gagasan baru untuk melakukan langkah-langkah belajar dengan metode baru sehingga memperoleh kemajuan hasil belajar.
Pembelajaran kreatif dimaksudkan agar guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan peserta didik, siswa dapat menjadi kreatif dalam proses pembelajarannya. Artinya, siswa kreatif dalam memahami masalah, menemukan ide yang terkait, mempresentasikan dalam bentuk lain yang lebih mudah diterima, dan menemukan kesenjangan yang harus diisi untuk memecahkan masalah.
Pembelajaran yang menyenangkan adalah sebuah pembelajaran yang di dalamnya terdapat kohesi yang kuat antara guru dan peserta didik dalam suasana yang sama sekali tidak ada tekanan, baik fisik maupun psikologis.
Sebagai modal melaksanakan PAIKEM, tentunya guru mempunyai ciri-ciri:
- Rasa ingin tahu yang luas dan mendalam,
- Sering mengajukan pertanyaan yang baik,
- Memberikan banyak gagasan atau usul terhadap suatu masalah,
- Bebas dalam menyatakan pendapat,
- Mempunyai rasa keindahan yang mendalam,
- Menonjol dalam salah satu seni,
- Mampu melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang,
- Mempunyai rasa humor yang luas,
- Mempunyai daya imajinasi, dan
- Orisinal dalam gagasan dan pemecahan masalah.
PAIKEM mengambarkan hal-hal sebagai berikut:
- Peserta didik terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat.
- Guru menggunakan berbagai media pembelajaran dan berbagai cara untuk membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan, dan cocok bagi peserta didik.
- Guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku dan bahan belajar yang lebih menarik dan menyediakan ‘pojok baca’ dan memajang hasil karya siswa.
- Guru menerapkan strategi pembelajaran yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk cara belajar kelompok.
- Guru mendorong peserta didik untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan suatu masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkam peserta didik dalam menciptakan lingkungan sekolahnya.
Sumber :
Modul PLPG
KONSORSIUM SERTIFIKASI GURU - 2013
No comments:
Post a Comment
Terima kasih untuk comment dengan bahasa yang baik dan sopan