lazada indonesia

Artikel Tentang Aktuaria

Salah satu aplikasi matematika khususnya tentang Peluang dan Statistika dalam kehidupan adalah dengan munculnya sebuah disiplin ilmu, cabang dari matematika yang dapat diterapkan pada sistem analisis resiko terutama pada perusahaan asuransi dan bagian keuangan perusahaan dikenal dengan nama Aktuaria. 

Sedang Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan ilmu keuangan dan teori statistik untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis aktual. Persoalan ini umumnya menyangkut analisis kejadian masa depan yang berdampak pada segi finansial, khususnya yang berhubungan dengan besar pembayaran pada masa depan dan kapan pembayaran dilakukan pada waktu yang tidak pasti. Pada umumnya aktuaris di Indonesia memiliki latar belakang pendidikan dari FMIPA Matematika maupun Statistika.

Aktuaris di Indonesia banyak bekerja di perusahaan asuransi jiwa, sedangkan sisanya bekerja di dana pensiun, konsultan aktuaria, dan saat ini merambah ke dunia investasi. Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 426/KMK.06/2003 BAB III Pasal 16, perusahaan asuransi jiwa harus mengangkat seorang aktuaris sebagai aktuaris perusahaan yang memiliki kualifikasi sebagai aktuaris dari Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) atau asosiasi sejenis dari luar negeri yang terdaftar sebagai anggota penuh International Association of Actuaries.

Ruang lingkup kerja seorang Aktuaris meliputi , 
  • Asuransi Jiwa, 
  • Asuransi Umum/Kerugian, 
  • Asuransi Kesehatan, 
  • Pensiun, 
  • Manfaat Karyawan, 
  • Kebijakan Sosial, 
  • Keuangan, 
  • Investasi dan Manajemen Resiko
Sebenarnya Ilmu aktuaria merupakan ilmu gabungan antara ilmu peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Awalnya ilmu aktuaria dikonstruksi dengan model deterministik, tetapi sejak 30 tahun yang lalu ilmu ini bertranslasi menjadi menggunakan proses stokastik. Sejumlah universitas menggelar aktuaria sebagai pilihan minat dari program studi matematika/statistika, dan ada pula yang hanya mengembangkan sebagai mata kuliah.

Sebagai sebuah disiplin ilmu formal  yang mempelajari tentang asuransi jangka panjang, aktuaria berusaha menjabarkan dengan baik rumus-rumus kapan seseorang harus melakukan klaim terhadap asuransinya, sehinnga aktuaria mampu mendeskripsikan rumus-rumus untuk menghitung nilai premi dan nilai klaim secara analitis, bukan sekedar intuisi. Sehingga perusahaan asuransi mencapai keuntungan tanpa merugikan pelanggan. 

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa aktuaria tdak hanya dapa diaplikasikan pada asuransi, melainkan pada analisis kriminologi. Model-model aktuaria mampu mendeskripsikan dengan baik peluang pelaku dengan tipe tindakan kriminal, usia, tingkat pendidikan dan etnis si pelaku.








Sumber : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Aktuaris
http://nabihbawazir.com/apa-itu-aktuaria/

Gambar :
aktuaria-indonesia.com

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk comment dengan bahasa yang baik dan sopan