lazada indonesia

Kemampuan Mendengar Aktif Bagi Seorang Guru

Selain standar kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, namun dalam menghadapi anak didik dituntut pula memiliki kemampuan dasar dalam berbahasa yang meliputi writing (menulis), reading (membaca), listening(mendengar) dan speaking (berbicara).
Dari keempat kemampuan tersebut, salah satunya adalah kemampuan atau keterampilan untuk mendengar, yang dimaksud dalam hal ini adalah kemampuan mendengar aktif  yaitu  sebuah tipe mendengar di mana si pendengar (listener) tidak hanya sekadar menangkap bunyi atau suara, tapi juga berusaha untuk memahaminya.

Dalam dunia pendidikan khususnya, kemampuan mendengar aktif ini sangat diperlukan, terutama untuk mencari informasi mengenai suatu masalah yang dialami oleh peserta didik. Dalam menguasai keterampilan mendengar aktif, seseorang juga harus memiliki pemahaman yang baik mengenai empati yaitu kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik dan mencoba menyelesaikan masalah, dan mengambil perspektif orang lain. 

Sering dialami oleh seorang guru dimana seorang siswa yang selalu mengantuk dikelas, ketika ditanya alasannya karena di kurang tidur karena harus bangun dini hari untuk membantu ibunya membawa dagangan ke pasar. Pada kasus ini, seorang guru dituntuk untuk menjadi pendengar aktif dengan mencoba memposisikan dirinya menjadi siswa yang bersangkutan sehingga tidak lantas memberikan penilaian pada siswa tersebut sebagai siswa yang malas atau tidak disiplin.

Perlu juga dipahami, bahwa kemampuan mendengar aktif ini mempunyai tujuan, diantaranya :
  1. Mendapatkan informasi dan gambaran yang jelas (Informatif), Dalam hal ini tujuan sang listener (pendengar) adalah mendapatkan informasi dan keterangan mengenai kebutuhan, latar belakang atau fakta yang dimiliki oleh sang pembicara (speaker). Pendengar harus berusaha mengingat, menganalisis serta menghubungkan berbagai keterangan yang mungkin terpisah dan acak. 
  2. Menggali suatu masalah dan membicarakannya (Afirmatif) , Kemampuan mendengar aktif afirmatif adalah bertujuan untuk menggali, mengetahui dan menegaskan suatu masalah. Selain menggali informasi, pendengar juga harus membuat pembicara sadar bahwa mereka sekarang memiliki seseorang yang mulai mengerti dengan apa yang sedang mereka alami. 
  3. Menghadapi keluhan atau serangan (Inflamasi), Tugas pendengar hanyalah membiarkan mereka tahu Anda sudah mendapatkan apa yang mereka katakan dan mengurangi emosi berlebihan yang dikeluarkan agar beban mereka menjadi lebih ringan. 





sumber :
gambar :
KolomKita.detik.com



No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk comment dengan bahasa yang baik dan sopan