lazada indonesia

Penerapan Matematika dalam Kehidupan

Salah satu alasan sehingga timbul anggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit dan rendahnya kemampuan matematika pada anak didik adalah hanya terfokusnya kegiatan belajar pada bagaimana siswa dapat menyelesaikan soal-soal matematika. Setiap hari siswa hanya dijejali dengan rumus-rumus matematika tanpa ada upaya untuk menjelaskan manfaat atau penerapan matematika bagi kehidupan sehari-hari.
Dalam kehidupan sehari-hari matematika tidak hanya digunakan oleh orang-orang atau ilmuwan yang berkecimpung dalam dunia matematika saja melainkan hampir semua aspek mulai dari rumah tangga, seorang dokter, insinyur elektronik, programmer, insinyur sipil, insinyur mesin, ekonom, akuntan, manajer, maupun banyak ahli bidang lain. 

Berikut saya sampaikan penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari, antara lain ;

Penerapan matematika dalam dunia kerja
Dalam dunia kerja matematika digunakan hampir di semua aspek mulai dari proses seleksi pegawai maupun dalam perhitungan dalam materi pekerjaan di perusahaan atau instansi tertentu misalnya pembukuan, penjumlah stock barang dan lain-lain. Secara spesifik penerapan matematika dalam bidang kerja tertentu dapat saya sampaikan sbb : 
  • (Kalkulus) di Bidang Kedokteran , Matematika berperan dalam menghitung volume kanker. dan koordinat-koordinatnya dengan penerapan kalkulus (bisa integral cakram, cincin, lipat 2, bahakan lipat 3), karena umumnya sel kanker tidak mungkin bebentuk prisma, tabung, kerucut atau limas yang mudah sekali dihitung volumenya
  • (trigonometri) pada teknik sipil, seorang insinyur menggunakan trigonometri untuk perhitungan sudut-sudut yang super akurat, dengan sistem kurva yang benar-benar yang tak dijumpai kesalahan.
  • Aplikasi metematika (Peluang) pada ilmu Ekonomi  dengan ilmu ini kita belajar menghitung peluang di berbagai kasus asuransi,
  • Aplikasi matematika (Program Linear) pada Ilmu Manajemen , Pendekatan yang dilakukan dengan pendekatan permodelan matematika, analisis stastistik, dan teori optimasi matematis.
Di lingkungan rumah tangga pun penerapan matematika dapat ditemui misalnya menghitung jumlah pemasukan, jumlah biaya sehari-hari, menghitung bunga kredit KPR, program asuransi dll apalagi apabila dalam rumah tangga tersebut mempunyai usaha kecil maupun besar tentulah penerapan matematika akan banyak sekali di temui.

Selain siswa peserta didik dijejali dengan rumus matematika, alangkah baiknya pula dikenalkan dengan penggunaan atau penerapan materi matematika tertentu dalam kehidupan sehari-hari sehingga diharapkan tidak hanya hapal namun juga mengerti tentang matematika yang sedang dipelajari.




sumber bacaan :
http://nabihbawazir.com/
http://matematrick.blogspot.com/

gambar :
faridanursyahidah.wordpress.com

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk comment dengan bahasa yang baik dan sopan