lazada indonesia

Fungsi dan Peran Dari Matematika

Fungsi Dari Matematika adalah mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan dan menggunakan rumus-rumus matematika yang diperluka dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi lain dari matematika adalah mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan melalui model matematika dimana hal ini dapat berupa kalimat matematika dan persamaan matematika, diagram, grafik atau tabel. Russefendi (1988 : 74) mengatakan bahwa “berhitung itu penting untuk kehidupan praktis sehari-hari ataupun untuk keperluan melajutkan sekolah , dan hal tersebut didasarkan pada 2 aspek yaitu aspek sosial dan matematis.

Arah pembelajaran matematika di sekolah adalah pada pencapaian standar kompetensi dasar oleh siswa. Kegiatan pembelajaran matematika tidak berorientasi pada penguasaan materi matematika semata, tetapi materi matematika diposisikan sebagai alat dan sarana siswa untuk mencapai kompetensi. Oleh karena itu, ruang lingkup mata pelajaran matematika yang dipelajari di sekolah disesuaikan dengan kompetensi yang harus dicapai siswa.

Standar kompetensi matematika merupakan seperangkat kompetensi matematika yang dibakukan dan harus ditunjukkan oleh siswa sebagai hasil belajarnya dalam mata pelajaran matematika. Standar ini dirinci dalam kompetensi dasar, indikator, dan materi pokok, untuk setiap aspeknya. Pengorganisasian dan pengelompokan materi pada aspek tersebut didasarkan menurut kemahiran atau kecakapan yang hendak ingin di capai.

Merujuk pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa maka ruang lingkup materi matematika adalah aljabar, pengukuran dan geomerti, peluang dan statistik, trigonometri, serta kalkulus.
  1. Kompetensi aljabar ditekankan pada kemampuan melakukan dan menggunakan operasi hitung pada persamaan, pertidaksamaan dan fungsi. 
  2. Pengukuran dan geometri ditekankan pada kemampuan menggunakan sifat dan aturan dalam menentukan porsi, jarak, sudut, volum, dan tranfrormasi. 
  3. Peluang dan statistika ditekankan pada menyajikan dan meringkas data dengan berbagai cara. 
  4. Trigonometri ditekankan pada menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri. 
  5. Kalkulus ditekankan pada mengunakam konsep limit laju perubahan fungsi



sumber :

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk comment dengan bahasa yang baik dan sopan