Karakteristik PTK diantarnaya :
- Masalah PTK dipicu oleh munculnya kesadaran pada diri guru bahwa praktik yang dilakukan selama ini didalam kelas mempunyai masalah yang perlu diselesaikan.
- Self reflective inquiry atau penelitian melalui refleksi diri yaitu mensyaratkan guru mengumpulkan data dari praktiknya sendiri melalui repleksi diri.
- Penelitian tindakan kelas dilakukan di dalam kelas.
- PTK bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran.
- Bersifat logitudinal artinya PTK berlangsung dalam jangka waktu tertentu secara kontinyu.
- Bersifat partikular-spesifik, tidak melakukan generalisasi dalam rangka mendapatkan dalil-dalil.
- Bersifat partisipatoris, guru sebagai peneliti sekaligus pelaku perubahan dan sasaran yang perlu diubah.
- Bersifat emik (bukan etik), memandang pembelajaran menurut sudut pandang orang dalam yang tidak berjarak dengan yang diteliti.
- Bersifat Kolaboratif atau kooperatif, dalam pelaksanaan PTK selaku terjadi kerjasama antara peneliti (guru) dan pihak lain untuk memperoleh keabsahan dan tercapainya tujuan penelitian.
- Bersifat kasuistik, PTK menggarap kasus-kasus spesifik atau tertentu dalam pembelajaran.
- Menggunakan konteks alamiah kelas, PTK tidak perlu dimanipulasi atau direkayasa demi kebutuhan, kepentingan dan tercapainya tujuan penelitian.
- Mengutamakan kecukupan data yang diperlukan
- Bermaksud mengubah kenyataan, dan situasi pembelajaran menjadi lebih baik dan memenuhi harapan.
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas
- Pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk :
- Memperbaiki dan meningkatkan mutu praktek pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran.
- Memperbaiki dan meningkatkan kinerja-kinerja pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.
- Mengidentifikasi, menemukan solusi, dan mengatasi masalah pembelajaran dikelas.
- Meningkatkan dan memperkuat kemampuan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran dan membuat keputusan yang tepat bagi siswa dan kelas.
- Mengekplorasi dan membuahkan kreasi dan inovasi pembelajaran
- Mencobakan gagasan, pikiran, kiat, cara, dan strategi baru dalam pembelajaran.
- Mengeksplorasi pembelajaran yang selalu berwawasan atau berbasis penelitian.
Manfaat Penelitian Tindakan Kelas
PTK mempunyai manfaat yang cukup besar bagi guru, pembelajaran maupun bagi sekolah.
Manfaat bagi guru :
- Membantu guru memperbaiki pelajaran yang dikelolanya
- Membantu guru berkembang secara profesional
- Meningkatkan rasa percaya diri guru
- Memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dna keterampilan.
Manfaat bagi pembelajaran/siswa :
PTK bermanfaat untuk meningkatkan hasil/proses belajar siswa dimana guru dapat dijadikan model bagi siswa dalam bersikap kritis terhadap hasil belajarnya.
Manfaat bagi Sekolah :
Bagi sekolah PTK membantu untuk berkembang dengan adanya peningkatan atau kemajuan pada guru dan pendidikan disekolah tersebut
Sumber :
Bahan Ajar Profesionalisme Guru,
Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Rayon 110 UPI-2011
No comments:
Post a Comment
Terima kasih untuk comment dengan bahasa yang baik dan sopan