Jugyokenkyu atau Lesson study adalah proses pengembangan profesi inti yang dipraktekkan guru-guru di Jepang dalam upaya secara memperbaiki mutu pengalaman belajar siswa dalam proses pembelajaran yang mereka fasilitasi secara berkelanjutan. Lesson study ini mempunyai riwayat panjang, dan secara signifikan telah membantu memperbaiki proses pengajaran (teaching) dan pembelajaran (learning) di kelas maupun dalam pengembangan kurikulum. Lesson study sebagai salah satu pendekatan dalam pengembangan profesi di Jepang dirasakan membantu para guru untuk tumbuh berkembang sebagai profesional sepanjang karir mereka .
Lesson study terdiri dari tiga bagian utama:
- Identifikasi tema penelitian (research theme) dari lesson study;
- Pelaksanakan sejumlah research lesson yang akan mengeks-plorasi research theme; dan
- Refleksi proses pelaksanaan lesson study, termasuk pembuatan laporan tertulis.
Ciri-ciri Utama Lesson Study
- Lesson study memberi kesempatan nyata kepada para guru menyaksikan pembelajaran (teaching) dan pembelajaran (learning) di ruang kelas. Lesson study membimbing guru untuk memfokuskan diskusi-diskusi mereka pada perencanaan, pelaksanaan, observasi/ pengamatan, dan refleksi pada praktik pembelajaran di kelas. Dengan menyaksikan praktik pembelajaran yang sebenarnya di ruang kelas, guru-guru dapat mengembangkan pemahaman atau gambaran yang sama tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran efektif, yang pada gilirannya dapat membantu siswa memahami apa yang sedang mereka pelajari.
- Lesson study adalah bahwa lesson study menjaga agar siswa selalu menjadi jantung kegiatan pengembangan profesi guru. Lesson study memberi kesempatan pada guru untuk dengan cermat meneliti proses belajar serta pemahaman siswa dengan cara mengamati dan mendiskusikan praktik pembelajaran di kelas. Kesempatan ini juga memperkuat peran guru sebagai peneliti di dalam kelas. Guru membuat hipotesis (misalnya, jika kami mengajar dengan cara tertentu, anak-anak akan belajar) dan mengujinya di dalam kelas bersama siswanya. Kemudian guru mengumpul-kan data ketika melakukan pengamatan terhadap siswa selama berlangsungnya pelajaran dan menentukan apakah hipotesis itu terbukti atau tidak di kelas.
- Ciri lain dari lesson study adalah bahwa ia merupakan pengembangan profesi yang dimotori guru. Melalui lesson study, guru dapat secara aktif terlibat dalam proses perubahan pembelajaran dan pengembangan kurikulum. Selain itu, kolaborasi dapat membantu mengurangi isolasi di antara sesama guru dan mengembangkan pemahaman bersama tentang bagaimana secara sistematik dan konsisten memperbaiki proses pembelajaran dan proses belajar di sekolah secara keseluruhan. Selain itu, lesson study merupakan bentuk penelitian yang memungkinkan guru-guru mengambil peran sentral sebagai peneliti praktik kelas mereka sendiri dan menjadi pemikir dan peneliti yang otonom tentang pembelajaran (teaching) dan pemelajaran (learning) di ruang kelas sepanjang hidupnya.
Refferensi :
Lesson Study: A Case Study of a Japanese Approach to Improving Instruction Through School-Based Teacher Development. Yoshida, M. (1999).
Gambar :
professionallyspeaking.oct.ca
professionallyspeaking.oct.ca
No comments:
Post a Comment
Terima kasih untuk comment dengan bahasa yang baik dan sopan