lazada indonesia

Pengertian Pendidikan

gambar : aryansah.wordpress.com
Menurut UU Sidiknas No. 20 tahun 2003 pengertian pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasan belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Sedang menurut kamus bahasa Indonesia pendidikan berasal dari kata dasar ' didik' penambahan awalan pe dan akhiran an memberi makna  bahwa pendidikan adalah proses atau cara atau perbuatan mendidik. Secara harfiah, pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara menjelaskan bahwa pendidikan adalah tuntutan didalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
Menurut H. Home, pendidikan adalah proses yang terus menerus dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi mahluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan sadar kepada Tuhan, serta termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.
Masih banyak ahli yang memberikan pengertian pendidikan, namun pada intinya bahwa pendidikan adalah sebuah proses secara terus menerus dilakukan untuk merubah mental dan spritual seorang peserta didik dari tidak mempunyai ilmu menjadi mempunyai ilmu disertai pemberian kesadaran tentang aplikasinya buat diri dan lingkungannya.

Fungsi Pendidikan
Kehidupan manusia idealnya berubah dari buruk menjadi baik, dari statis menjadi dinamis, dari terbelakang menjadi maju, dari jahiliyah menjadi bermartabat, begitu pula negara yang merupakan kumpulan individu dalam tatanan masyarakat selalu berkembang, berubah menjadi lebih baik. Sektor pembangunan fisik maupun spritiual bersinergi untuk mencapai tujuan bersama.
Dalam rangka membangun masyarakat dan negara dibutuhkan berbagai sumberdaya yang mendukung termasuk sumberdaya manusia yang berkualitas baik dari segi fisik maupun kualitas keilmuan, disinilah pendidikan sebagai suatu proses berfungsi untuk mempersiapkan manusia yang paripurna untuk mengisi posisi dan turut serta berperan dalam pembangunan.
Pembangunan bukan hanya pembangunan negara sebagai sebuah komunitas besar, tetapi juga pembanguan manusia secara pribadi maupun lingkungannya, fungsi pendidikan merupakan sarana pemberian bekal keilmuan baik akademis maupun non akademis untuk berubah baik mental maupun spiritual kearah menjadi lebih baik.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk comment dengan bahasa yang baik dan sopan