lazada indonesia

Karakteristik, Tujuan ddan Manfaat Penelitian Tindakan Kelas

Karakteristik PTK diantarnaya
  1. Masalah PTK dipicu oleh munculnya kesadaran pada diri guru bahwa praktik yang dilakukan selama ini didalam kelas mempunyai masalah yang perlu diselesaikan. 
  2. Self reflective inquiry atau penelitian melalui refleksi diri yaitu mensyaratkan guru mengumpulkan data dari praktiknya sendiri melalui repleksi diri. 
  3. Penelitian tindakan kelas dilakukan di dalam kelas. 
  4. PTK bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran. 
  5. Bersifat logitudinal artinya PTK berlangsung dalam jangka waktu tertentu secara kontinyu.
  6. Bersifat partikular-spesifik, tidak melakukan generalisasi dalam rangka mendapatkan dalil-dalil.
  7. Bersifat partisipatoris, guru sebagai peneliti sekaligus pelaku perubahan dan sasaran yang perlu diubah. 
  8. Bersifat emik (bukan etik), memandang pembelajaran menurut sudut pandang orang dalam yang tidak berjarak dengan yang diteliti. 
  9. Bersifat Kolaboratif atau kooperatif, dalam pelaksanaan PTK selaku terjadi kerjasama antara peneliti (guru) dan pihak lain untuk memperoleh keabsahan dan tercapainya tujuan penelitian. 
  10. Bersifat kasuistik, PTK menggarap kasus-kasus spesifik atau tertentu dalam pembelajaran.
  11. Menggunakan konteks alamiah kelas, PTK tidak perlu dimanipulasi atau direkayasa demi kebutuhan, kepentingan dan tercapainya tujuan penelitian. 
  12. Mengutamakan kecukupan data yang diperlukan 
  13. Bermaksud mengubah kenyataan, dan situasi pembelajaran menjadi lebih baik dan memenuhi harapan. 
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas 
  1. Pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk : 
  2. Memperbaiki dan meningkatkan mutu praktek pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran. 
  3. Memperbaiki dan meningkatkan kinerja-kinerja pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. 
  4. Mengidentifikasi, menemukan solusi, dan mengatasi masalah pembelajaran dikelas. 
  5. Meningkatkan dan memperkuat kemampuan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran dan membuat keputusan yang tepat bagi siswa dan kelas. 
  6. Mengekplorasi dan membuahkan kreasi dan inovasi pembelajaran 
  7. Mencobakan gagasan, pikiran, kiat, cara, dan strategi baru dalam pembelajaran. 
  8. Mengeksplorasi pembelajaran yang selalu berwawasan atau berbasis penelitian. 
Manfaat Penelitian Tindakan Kelas 
PTK mempunyai manfaat yang cukup besar bagi guru, pembelajaran maupun bagi sekolah. 

Manfaat bagi guru
  1. Membantu guru memperbaiki pelajaran yang dikelolanya 
  2. Membantu guru berkembang secara profesional 
  3. Meningkatkan rasa percaya diri guru 
  4. Memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dna keterampilan. 
Manfaat bagi pembelajaran/siswa
PTK bermanfaat untuk meningkatkan hasil/proses belajar siswa dimana guru dapat dijadikan model bagi siswa dalam bersikap kritis terhadap hasil belajarnya. 

Manfaat bagi Sekolah
Bagi sekolah PTK membantu untuk berkembang dengan adanya peningkatan atau kemajuan pada guru dan pendidikan disekolah tersebut 






Sumber :
Bahan Ajar Profesionalisme Guru, 
Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Rayon 110 UPI-2011



No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk comment dengan bahasa yang baik dan sopan