lazada indonesia

Penelitian Tindakan Kelas

Upaya meningkatkan kompetensi guru untuk menyelesaikan masalah pembelajaran yang dihadapi saat menjalankan tugasnya dapat dilakukan melalui kegiatan penelitian yang apabila dilakukan secara berkesinambungan akan memberikan dampak positif yakni : 
  1. Peningkatan kemampuan menyelesaikan masalah pembelajaran yang mencakup kualitas isi, efisiensi dan efektifitas pembelajaran, proses dan hasil belajar siswa. 
  2. Peningkatan kemampuan pebelajaran yang akan berdampak pada peningkatan kepribadian dan profesionalisme pendidik. 
Keterampilan yang perlu dikuasai dalam melaksankan penelitian tindakan kelas adalah kemampuan membuat perencanaan PTK, menjalankan prosedur penelitian, melakukan observasi dan refleksi dan kemampuan menulis karya ilmiah dalam bentuk laporan penelitian ataupun artikel ilmiah. 

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas 
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berasal dari terjemahan Classroom Action Research adalah Action Research yang dilaksanakan oleh guru didalam kelas. Action Research yang diterjemahkan menjadi penelitian kelas merupakan rangkaian “riset-tindakan- riset-tindakan .....” yang dilakukan secara siklik, dalam rangka memecahkan masalah, sampai masalah itu terpecahkan. 

Terdapat beberapa pengertian PTK yang dikemukakan beberapa ahli, yaitu sbb : 
  1. Ebbut (1985) : PTK adalah kajian sistematik dari perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut. 
  2. Elliot (1991) : PTK sebagai kajian dari sebuah situasi social dengan kemungkinan tindakan untuk memperbaiki kualitas social tersebut. 
  3. Hopkins (1993) : PTK adalah penelitian yang mengkombinasikan prosedur penelitian dengan tindakan substantif, suatu tindakan yang dilakukan dalam disiplin inquiri, atau usaha seseorang untuk memahami apa yang sedang terjadi, sambil terlibat dalam suatu proses perbaikan dan perubahan. 
Secara ringkas PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat (Wardani, 207:1,4) 




Sumber :
Bahan Ajar Profesionalisme Guru, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Rayon 110 UPI-2011

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk comment dengan bahasa yang baik dan sopan