lazada indonesia

Artikel Tentang Guru

gambar : republika.co.id
Definisi guru secara luas adalah suatu situasi atau kondisi dan seorang figur yang memberikan pembelajaran pada individu mengenai suatu ilmu atau pengetahuan yang memberikan perubahan baik keilmuan atau pengetahuan yang memungkinan individu tersebut mengalami perubahan secara keilmuan maupun perilaku.
Definisi guru yang lebih spesifik dalam ruang lingkup pendidikan formal seperti yang dijabarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. (Pasal 1 ayat 1)
Peranan guru sangat penting dalam dunia pendidikan karena selain berperan mentransfer ilmu pengetahuan ke peserta didik, guru juga dituntut memberikan pendidikan karakter dan menjadi contoh karakter yang baik bagi anak didiknya, kualitas pendidikan akan sangat ditentukan oleh kualitas guru sebagai tenaga pendidikan yang berdiri digarda paling depan bertatap muka langsung dengan siswa peserta didik. Berbekal kurikulum yang diberikan sebagai acuan dalam proses belajar mengajar, seorang guru berjibaku mencurahkan segala kemampuan serta intergritas yang dimiliki dalam rangka mendidik dan mencerdaskan anak bangsa.
Pada realitanya terkadang konsentrasi seorang guru terpecah menjadi beberapa bagian yang sedikit banyak mengganggu tugas mereka diantaranya ;
  • Kehidupan dia sebagaimana layaknya manusia yang memerlukan biaya untuk menjalankan roda ekonomi keluarga, tidak jarang seorang guru bekerja sampingan untuk menutupi kebutuhan keluarganya.
  • Beban pekerjaan yang bersifat administrasi turut andil memecah konsentrasi seorang guru, seperti pembuatan RPP, Silabus, Promes, Prota dll yag sebenarnya dapat dilakukan secara terpusat, guru tinggal melaksanakannya saja.
Paradigma saat ini bahwa guru adalah sebuah profesi, berbeda dengan guru pada zaman dulu yang diposisikan sebagai sebuah pilihan hidup termasuk resiko yang mungkin dihadapi seperti minimnya penghasilan yang diterima serta terbatasnya fasilitas yang dimiliki. Sekarang dikenal istilah Guru yang memiliki professionalisme sebagai perubahan dari guru yang mempunyai idealisme pada zaman dulu dimana hanya satu tujuan dalam benaknya yaitu anak didiknya pintar, cerdas baik keilmuan maupun watak dan karakternya.
Era mungkin berubah, zaman dulu menjadi zaman sekarang, namun hendaknya guru sebagai tenaga professional saat ini, tidak pula melupakan dan melepaskan idealisme yang dicontohkan dan dirintis para guru pendahulu yang terbukti telah menghasilkan tokoh-tokoh sebagai putra-putri terbaik bangsa.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk comment dengan bahasa yang baik dan sopan