lazada indonesia

Isu Tentang Pendidikan Karakter

gambar : republika.co.id
Pendidikan karakter telah menjadi menu wajib semua pihak khususnya yang berkiprah dalam dunia pendidikan, karena telah terjadinya pergeseran moral dan akhlak anak bangsa, diharapkan pendidikan karakter bisa menjadi pondasi utama peradaban bangsa yang bermartabat. Dikutif dari paparan yang disampaikan Wamendiknas Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D, yang mengungkapkan pentingnya karakter bagi bangsa dan negara, bahwa pendidikan karakter sangat erat dan dilatar belakangi oleh keinginan mewujudkan konsensus nasional yang berparadigma Pancasilan dan UUD 1945, yang selanjutnya diperjelas melalui UU no. 20 tahun 203 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berbunyi, " Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak nulia, sehat, berilmu, cakap, kreartif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab ".


Pengertian Pendidikan Karakter
Menurut bahasa, karakter adalah tabiat atau kebiasaan. Sedangkan menurut ahli psikologi, karakter adalah sebuah sistem keyakinan dan kebiasaan yang mengarahkan tindakan seorang individu. Karena itu, jika pengetahuan mengenai karakter seseorang itu dapat diketahui, maka dapat diketahui pula bagaimana individu tersebut akan bersikap untuk kondisi-kondisi tertentu. Karakter adalah fitrah yang melekat pada setiap individu yang kemudian dibentuk  menjadi jati diri dan perilaku oleh lingkungan. Pendidikan karakter adalah proses pembentukan watak, kepribadian, akhlak, perilaku, etika dan moral agar menjadi karakter yang paripurna yang akan menjadi dasar terbangunnya sebuah bangsa yang maju dan bermartabat. Pendidikan karakter merupakan proses pembudayaan dan pemanusiaan. Pendidikan karakter akan mengantarkan peserta didik dengan potensi yang dimilikinya dapat menjadi manusia yang beradab, dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai kemanusiaan.
Haynes, dkk (2001). Mendefinisikan, pendidikan karakter adalah gerakan nasional untuk menciptakan sekolah-sekolah yang membantu perkembangan budi pekerti, tanggung jawab dan kepedulian anak-anak muda dengan keteladanan dan pengajaran karakter yang baik berlandaskan pada nilai-nilai universal yang disepakati bersama.

De Roche,dkk (1999) mendefinisikan pendidikan karakter adalah sebuah upaya komunitas, dalam hal ini keluarga dan sekolah sebagai pemegang peran utama dalam mendidik anak-anak dan remaja dengan nilai-nilai kepribadian dan kewarganegaraan yang membuat mereka menjadi pribadi dan warga negara yang baik.

Setidaknya ada 3 komponen tentang pendidikan karakter ini, yaitu :
  1. Pengetahuan moral yang meliputi kesadaran moral, mengetahui nilai- nilai moral, mengambil sudut pandang, pertimbangan moral, membuat keputusan, dan mengenal diri sendiri.
  2. Aspek perasaan yang harus ditanamkan, yang meliputi nurani, percaya diri, merasakan penderitaan orang lain, mencintai kebenaran, mampu mengontrol diri, dan kerendahan hati.
  3. Perbuatan Moral.
Pendidikan karakter akan terwujud secara optimal apabila didukung oleh situasi yang kondusif dari beberapa elemen penting diantarnya :
  • Keluarga yang berkarakter yang menanamkan pendidikan karakter sejak dini.
  • Masyarakat yang membentuk karakter dari sisi lingkungan pergaulan.
  • Lembaga pendidikan/sekolah yang menerapkan karakter pada perangkat pembelajaran.
  • Negara yang memiliki tanggung jawab moral untuk melakukan melakukan pendidikan karakter, budaya dan moral.

1 comment:

  1. LEGENDAQQ.NET
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : LegendaqqPoker

    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www.legendaqq(dot)org
    - www.legendapelangi(dot)com
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih untuk comment dengan bahasa yang baik dan sopan